Surat Pengajuan STRA dan Pernyataan Mematuhi Peraturan Berlaku

Posted on by bidhuan

Mengingat PP51 telah berlaku dan telah keluar juknis nya di PERMENKES No. 889/MENKES/PER/V/2011TENTANG REGISTRASI, IZIN PRAKTIK, DAN IZIN KERJA TENAGA KEFARMASIAN , salah satu syarat nya adalah pengajuan STRA sebgai ganti SP/SIK Apoteker dengan kata lain apabila aturan ini ditegakkan, SP/SIK yang ada tidak berlaku alias tidak bisa praktek profesi apoteker, mekanisme pengajuan STRA melalui IAI setempat.

jadwal klasemen dan hasil isl 2015

Tulisan lengkap bisa dilihat disini

 

About the Author

44 Comments so far. Feel free to join this conversation.

  1. UNie June 13, 2011 at 6:40 am - Reply

    Thanks infonya, btw surat pengajuan stranya diantar/dikirim kemana ?

    • Arul June 15, 2011 at 7:28 am - Reply

      Nah itu dia, sampai saat ini KFN belum tau alamatnya dimana, sementara si tampung di IAI setempat, menurut kabar, kedepan bisa online pengajuannya

  2. skyzofrenic June 28, 2011 at 7:30 am - Reply

    Terima kasih sekali, akhirnya yang kucari ada disini. Sekali lagi, makasih Bang Nasrul

  3. NgePas June 29, 2011 at 9:12 am - Reply

    Terima kasih…

  4. lintang July 3, 2011 at 1:53 am - Reply

    Dirjen Binfar dan Alkes, Kantor Kementerian Kesehatan RI
    Jl. HR. Rasuna Said Blok X-5 Kav. 4-9 Jakarta
    Lantai 8, Ruang 108

    katanya permohonan pengajuan STRA dibawa langsung ke alamat di atas pak

  5. hendrik July 5, 2011 at 3:50 am - Reply

    Halo.. saya barusan telp IAI, menurut mereka sp sudah tidak berlaku, menunggu pemberlakuan stra tanggal 1 september.. wah, berarti apotek2 yang ada saat ini ilegal semua donk.. krn belum punya stra..

    begitu juga dengan pendirian apotik baru, apakah boleh buka saja tanpa stra, kan sama saja dengan apotek lama yang tidak ada stra.. haha..

  6. Yustine July 10, 2011 at 7:59 am - Reply

    diantar ke
    Dirjen Binfar dan alkes
    kantor kementerian kesehatan RI
    jl. H.R.Rasuna said blok X 5 Kav.4-9
    lt.8, ruang 108

    -Yustine-

  7. nana July 19, 2011 at 7:57 am - Reply

    halo, pak, saya numpang tanya…kalo minta surat rekomendasi dari organisasi setempat kan dulu perlu surat lolos butuh dari IAI, pengurusan lolos butuh kan dulu perlu surat bukti lapor dinkes. padahal skrng sejak keluarnya permenkes 889 surat bukti lapor sudah tidak ada. lalu bagaimana caranya? terima kasih bayak

  8. Irma July 21, 2011 at 1:24 am - Reply

    Klo belom punya SP gmn? jadi ngurusnya SP dulu apa STRA ya?? tadi waktu nelp IAI harus punya SP dulu baru bisa ngurus STRA. Gimana ya baiknya??

  9. evita July 21, 2011 at 1:04 pm - Reply

    kalau SP saya hilang bagaimana ya prosedur pengurusan STRA,apakah teman sejawat ada yang bisa membantu,karna dari pihak IAI tidak dapat memberikan solusi..terima kasih

  10. Putri July 24, 2011 at 12:01 am - Reply

    Kalau STRTTK cma di ajukan k dinas kesehatan provinsi saja pak?

  11. jar August 18, 2011 at 12:30 am - Reply

    kalo untuk yang ada di luar jawa di kirimin ke alamat itu aja ya???

    trusw ntar dari sana apa mereka mau ngirim ke alamat pemohon STRA ato gimana???

  12. via tc August 19, 2011 at 1:49 pm - Reply

    wah… klo mo buka aptk baru gmn? nunggu smp kpn?

  13. arum September 21, 2011 at 5:00 pm - Reply

    kira2 jadinya brp lama sih klo diantar lgs? biayanya brp?

  14. matheus September 26, 2011 at 2:31 am - Reply

    salam…

    Berarti kalo kita jadi APA or Kerja di Industri gitu gak perlu lagi buat SIPA/SIK dong…..?? Ato setelah STRA jadi kita buat SIPA/SIK lagi untuk kita bisa melakukan pekerjaan kefarmasian.

    Mohon penjelasannya..
    Terima kasih.

  15. aedil October 20, 2011 at 11:24 am - Reply

    STRA lama pisan jadi’y euy
    mau cpt2 kerja malah ketahan ma STRA yg gk tau kabar’y gmna

  16. sari October 25, 2011 at 3:28 am - Reply

    dimana kami bisa mendapatkan informasi STRA sudah jadi atau belum ya? sekitar bulan agustus untuk yang kolektif dari kantor kami sudah pada jadi STRAnya, sedangkan kami yang mengurus person ke Depkes pada bulan yang sama kami belum terima sampai saat ini..Mohon informasinya kemana kami bisa mengakses informasi mengenai STRA ini? makasih. Sari

  17. Adiyah October 25, 2011 at 6:42 am - Reply

    @hendrik,,,ia gimana ini terhambat semua,,orang mau nyari kerja susah,,mau bisnis dipersulit. Kalau memang belum siap team KFN nya jangan mengeluarkan keputusan itu. Saya pernah telf untuk follow up hasil STRA saya lihat di website sudah selesai,,tapi sampai sekarang belum saya terima.,,jawaban dari depkes hanya,,maaf ya mba yang menanyakan hal ini bukan mbak aja,,mungkin mba orang yang ke seribu kali nya yang menanyakan hal seperti ini. Sama sekali tidak memuaskan

  18. risa November 1, 2011 at 5:59 am - Reply

    bapak/ibu KFN. kapan ni STRA kami selesainya. padahal udah diAjukan dari bulan juli kemarin tapi koq sampai sekarang belum selesai-selesai juga

  19. hendrik November 23, 2011 at 3:43 am - Reply

    Sudah urus stra 4 bulan tidak selesai harus komplain ke mana nih..

  20. zickria December 7, 2011 at 2:53 am - Reply

    ada yg punya artikel ttg etika apoteker di apotek gak ??? share donk terimkasih :-)

  21. riki February 24, 2012 at 2:52 am - Reply

    Assalamu’alaikum Kang,

    Kalau SIA berubah nama nggak kang? Persyaratan untuk penganjuan SIA kan salah satunya dengan melampirkan SP dan SK menkes, nah kalau sekarang (setelah diwajibkannya SIPA/SIKA) apa persyaratan untuk membuka apotek masih sama dengan persyartan pengajuan SIA? Kalau kang Arul tau persyaratannya, mohon di share kang..:nuhun

  22. Endunk March 24, 2012 at 10:16 am - Reply

    Menurut pemberitahuan di Atas, berarti Klo dah pny STRA g perlu SP dong…..

  23. amy June 9, 2012 at 5:17 pm - Reply

    STRA sy blm selesai dari thn lalu, krn salah nama dan tanggal lahir sudah
    gmna ya >>>>>

  24. NUR RATNA NINGSI, S.Si., Apt October 9, 2012 at 11:39 am - Reply

    Aduh sy udah kirim semua bahan STRA DONG…KOK BELUM ADA KIRIMAN BALIK DARI KFN PUSAT GIMN NICH………..

  25. werin November 15, 2012 at 5:55 am - Reply

    katanya daftarnya udah online, webnya apa? qta yang tinggal d luar jakarta gmana dong?

  26. fitri July 2, 2013 at 4:38 am - Reply

    bentuk surat rekomendasi kemapuan dr institusi atau kampus atau apoteker seperti apa?
    ada yg bisa memberikan contoh ke saya….
    terima kasih…

  27. Midasnzj July 7, 2013 at 10:31 am - Reply

    I appreciate looking through your website. Thanks a ton!
    Regards – midsummer articles – K0nst4ntyn0

  28. Avrilia Wahyu Triyanti February 5, 2014 at 4:02 am - Reply

    Stra kok lm g jadi2 y..tlg pihak kfn utk bs menyelesaikannya krn itu penting bt kami.trm ksh

  29. Nancy May 22, 2014 at 4:15 am - Reply

    hallo, mau tanya dong

    untuk STRA mau minta legalisir harus ke IAI pusat ya? saya lulusan dari Universitas pancasila

    • Arul May 26, 2014 at 7:29 am - Reply

      Mmm biar ga ribet lain kali langsung scan, print warna deh… Pake printer yang bagus ya, Kaga usah legalisir tuh

  30. Aryani September 16, 2014 at 4:08 am - Reply

    Nasrul, thanks banged sharingnya. Langsung nyelesaiin statement letter trus siap nyamperin Depkes.

  31. nasrulwathoni.com October 31, 2014 at 11:16 am - Reply

    Sama2 sukses ya :)

  32. Etik dwi astuti December 12, 2014 at 1:50 pm - Reply

    Halo met mlm….tanya donk berapa ya biaya pengurusan STRA? Makasih infonya…

  33. abi December 12, 2014 at 2:20 pm - Reply

    asalamalikum KFN saya binggung ne gimana mau perpanjang STRA sedangkan saya harus ujian Kopetensi dulu sedangkan 2015 besok ne uda habis masa berlaqqkunya

    • nasrulwathoni.com December 12, 2014 at 2:23 pm - Reply

      Wass, wah sy jg sama rakyat biasa bukan KFN, ikuti prosedural aj :)

      • abi December 12, 2014 at 2:26 pm - Reply

        caranya gimana, ikut proseduralnya.. kasi solusinya donk

  34. abi December 12, 2014 at 2:23 pm - Reply

    asalamualikum KFN dimana kita bisa ujian Kopetensi biar saya bisa dapat sertifikat kopetensi .. soalnya kan hanya berlaku 5 tahun sedangkan 2015 awal ne uda habis masa berlakunya… tolong dooong kita jadi pusing ne

  35. nasrulwathoni.com December 12, 2014 at 11:48 pm - Reply
  36. nasrulwathoni.com December 12, 2014 at 11:50 pm - Reply

    Untuk ujian kompetensi bisa datang ke Pengurus Cabang IAI terdekat, biasanya ada informasi terbaru kapan akan dilaksanakannya

  37. nanik January 20, 2015 at 1:34 am - Reply

    prpnjngn serkom (sertfkt komptns) yg mlalui skp pmbljrn 70 skp bln desmbr kmrn kok lma prosesnya? kl 60 skp bs g utk pngajuan serkom? thnks infonya

    • bidhuan.com January 20, 2015 at 1:43 am - Reply

      Coba langsung tanyakan ke PD IAI nya ya :) masing2 PD punya kebijakan tersendiri

Leave A Response