Tata Cara Pembuatan Surat Penugasan (SP)

Bagi apoteker yang baru lulus dan ingin memiliki surat penugasan harus mengikuti beberapa alur berikut ini dan membuat satu berkas permohonan pembuatan surat penugasan dengan dilengkapi beberapa persyaratan yaitu klik disini dari ke 16 syarat, syarat surat lolos butuh tidak harus diikutsertakan kecuali SP akan digunakan di luar propinsi institusi pendidikan apoteker yang bersangkutan.Surat Penugasan dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan RI ditandatangani a.n Menteri Kesehatan, oleh karena itu berkas yang diajukan harus sampai ke Depkes RI tetapi sebelumnya harus dilengkapi surat pengantar dari Dinas Kesehatan Propinsi tempat istitusi pendidikan apoteker yang bersangkutan. Berikut langkah-langkah praktis untuk mendapatkan Surat Penugasan :

1. Lengkapi syarat-syarat dalam surat permohonan pembuatan SP

Sebaiknya langkah awal yag dilakukan adalah membuat surat bukti lapor (mendaftar bahwa anda telah lulus apoteker) prosesnya bisa 1 minggu, sambil melengkapi persyaratan lainnya.
2. Setelah lengkap berkasnya, ajukan ke Dinkes Propinsi tempat Institusi/Univeristas pendidikan apoteker yang bersangkutan
Pengajuan permohonan SP ini untuk mendapatkan surat pengantar dari Dinkes Propinsi sebagai syarat untuk mengajukan ke Depkes RI (Jakarta), jadi surat pengantar ini digabung dengan berkas2 sebelumnya untuk diajukan kembali ke Depkes RI (Biasanya diatas 1 minggu).
3. Pengajuan ke Depkes RI (Jakarta)
Sebaiknya pemohon pergi sendiri ke Depkes RI untuk memperoleh SPnya tapi beberapa Dinkes Propinsi memfasilitasi untuk diproses ke Depkes RI (ada uang trasnport jumlahnya tergantung “personal” dinkes propinsi), biasanya lebih dari 2 minggu prosesnya, jadi total 1 bulan waktu normal dibutuhkan untuk mendapatkan SPnya.

Kabar gembira buat teman-teman apoteker yang belum mendapatkan SP, ada seorang apoteker alumni Unpad angkatan 2002 yang berdomisili di Jakarta yang mau membantu proses pembuatan SP di Depkes RI, dengan catatan telah memiliki surat pengantar dari Dinkes Propinsi dan Membuat surat kuasa bermaterai untuk diambil oleh pihak ke 2, disertakan dalam amplop+ongkos balik (uang transport bisa dibicarakan).

Download Surat Permohonan Surat Penugasan beserta lampirannya

Klik disini untuk berdiskusi di forum bisnis apotek pemula

logo web

About these ads

98 thoughts on “Tata Cara Pembuatan Surat Penugasan (SP)

  1. Kang Arul…

    Ana udah lulus apt dari tahun kemarin, tapi belom punya surat bukti lapor. Bgaimana caranya untuk membuat bukti lapornya ya? Berkas-berkas apa aja yang diperlukan untuk membuat bukti lapor? Kebetulan ana berdomisili di bekasi.

    Thanx atas atensinya.

    • Yeee… gimana sih na, biasanya tuh orang yang baru lulus apoteker langsung berlomba-lomba buat SP (biar bisa langsung pegang apotek sebelum kerja di industri he33), ana lulus dari apoteker unpad kan? nah dapetin bukti lapornya di dinkes propinsi jabar (cari bagian pembuatan bukti lapor dan SP dulu pa iwan), berkasnya surat permohonan bukti lapor, FC ijazah apoteker, FC sumpah apoteker,FC KTP biasanya 2 minggu beres,
      Sukses ya…

  2. kang arul…

    mo tanya neh?!
    kalo bikin SP untuk di PBF, persyaratannya dan tata caranya gimana ya…
    ane lulusan Apoteker Jakarta tahun 2005??
    bingung neh??
    ke dinkes or depkes??

    mohon bantuannya ya…

    tengkyu

  3. Ok sebelumnya harus tau dulu Surat Penugasan itu ada 2 lembar, lembar pertama Surat Penugasan dan lembar ke dua Surat Keputusan Penempatan Apoteker,
    lembar pertama berisi Nomor SP, Nama, TTL, Foto pemohon SP, dan biasanya ditandatangani atas nama menkes oleh Kepala Badan Pengadaan Pegawai
    lembar kedua berisi Surat Keputusan Menkes RI tentang Penempatan Apoteker, berisi keputusan Menkes tentang penempatan pemohon ditugaskan dimana (tergantung pemohon bisa di apotek, PBF, RS, Industri dan PNS)

    Jadi yang membedakan APA Apotek dengan APA PBF adalah lembar keduanya,
    persyaratan no 1 dan 9 yang membedakannya dimana didalamnya dijelaskan memohon sebagai penanggung jawab di mana dan pernyataan dari PBF yang membutuhkan pemohon sebagai apotekernya
    ( http://nasrulwathoni.files.wordpress.com/2008/12/alur-perijinan-apotek.jpg )
    ,
    Pembuatan SP itu sebetulnya langsung ke DEPKES melalui Dinkes Propinsi tempat kuliah (kalo wika berarti dinas propinsi DKI), sejak otonomi daerah kalo dinkes kota/kab itu buat pembuatan Surat Izin Apotek/PBF

    Selamat mencoba,

  4. kang arul, ini ana lagi, yg lulusan unpad pastinya hehe.

    Kmrn Ana baru mengajukan pembuatan Surat Bukti Lapor ke Pak Iwan. Dan katanya, minggu baru selesai 1-2 minggu kedepan. Setelah itu baru buat Surat Penugasan kan?

    Trus yg Ana tau klo mo buat SP harus sudah mencantumkan nama apotek tempat qta akan melakukan masa bakti, smentara apotek-nya baru mau dibuat, dan belom punya nama.

    Jadi gimana donk? Harus mendirikan apoteknya dulu, stlh itu baru bikin SP ato gimana?

    Thnks ya kang arul
    Nanti pasti ana tanya lagi, lebih bnyk lagi
    hehehe

    • ga perlu bangun dulu, jangan bilang apoteknya belum di bangun atuh, pinter2 kitanya aja he33
      yang penting harus ada namanya dulu, masa bikin nama aja susah…
      yang penting nama apotek yang sudah tertera di lembar kedua SP nanti harus sama dengan pengajuan SIA alias sama dengan apotek yang dibagun nanti, kalo beda, harus ngurus lagi alias penyesuaian lagi dan uang lg walaupun alamatnya sama, coba baca artikel sy sebelumnya…

      Selamat menunggu

  5. ooo..jadi gitu toh.

    Bikin nama sih, kyknya gampang. Cuma yg ana kuatirkan orang Dinkes Prov lagi rajin jalan-jalan mengecek kesesuaian alamat apotek yg tertera (di Surat Permohonan) ama kenyataannya.

    Jadi..
    Berarti orang Dinkes Prov gak akan mengecek keberadaan nama apotek “nihil” itu ya?

    Btw, kira2 ada petugas Dinkes prov yg rajin buka blog ini gak ya?
    Waaaah..bahaya juga ya. Ato jangan2 mereka memang udah mengerti hal-hal spti ini?

    Ada pertanyaan lagi nih..

    Pertama..
    Kartu kuning yg diperluin buat syarat adm pembuatan SP itu harus dari dinas tenaga kerja kota ato provinsi?

    Kedua..
    Di alur perijinan apotek ada tulisan “ket: Difotokopi rangkap 2, yang asli ke Depkes, fotokopi ke Dinkes Propinsi”
    Qo ana bingung ya? Maksudnya “yang asli ke Depkes” itu apa?

    Trima kasih bnyk lagi
    Smoga blom bosan dg pertanyaan2 ana
    Hehe

    • Ga usah kuatir, memang benar kan akan di bangun di alamat tersebut!! sejauh ini ga pernah ada inspeksi seperti itu, bilang aja baru akan dibangun gpp koq…. salut lah dinkes kalo setiap pengajuan SP ditinjau alamatnya, BPOM aja sistemnya random, kalo kita benar dan faktanya seperti ini kenapa harus takut dengan blog ini, blog ini dibuat juga untuk memberikan manfaat untuk semua orang :)

      jawaban pertanyaan :
      1. untuk kartu kuning asal jangan kartu domino he33 bisa di buat di dinas tenaga kerja setempat, sesuai KTP biasanya

      2. Koq bingung, jadi gini, nanti berkas2 asli buat dibawa ke depkes, nah arsipnya disimpan di dinkes propinsi, baiknya arsip buat kita jg ada, biasanya juga nti di dinkes prop disuruh fotokopi rangkap 2, begitu na

      Sukses ya…

  6. kang arul,kl kita mau buat SP kan musti minta surat rekomendasi ISFI jabar.tau ga bayarnya berapa???
    trus kl misalnya SP apotek jabar udah punya tapi kita kan bikin SP aja apoteknya ga jadi tapi SP itu mu dipake buat jadi APA di apotek laen di luar jawa barat misalnya jakarta??gimana tuh??bikin SP baru??

    • Sepertinya belum mengerti ya bagaimana tata cara buat SP dan apa itu SP, pelajari ya tulisan/komentar saya sebelumnya dan bagan alur perizinan SIA, rekomendasi ISFI itu dibutuhkan untuk mendapatkan SIA, biayanya tergantung daerah, coba telusuri di blog ini ada ko nilai nominalnya…
      Yang pasti kalo terjadi perubahan, maka yang dirubah adalah lembar kedua dari SP tersebut alias Surat Keputusan Penempatan Apoteker, di rubah ke DEPKES melalui Dinkes Propinsi setempat, mungkin nanti sy coba tampilkan contoh SP yang sudah jadi biar ada gambaran

  7. Pingback: Download Surat Permohonan Surat Penugasan dan Surat Izin Apotek Beserta Lampirannya « Nasrul Wathoni

  8. lagi iseng cari2 bahan buat kompre..(skema alur perizinan apotek__Search……ketemu blog ini deh)

    makasi ni pak banyak info yg bermanfaat,.boleh minta petuah sekalian untuk menghadapi kompre ga pak???(dulu siy kang arul..tapi skrg pak arul:))…hufffh, bahannya bnyk bgt, bikin stress..hehe..skemanya tapi cukup mengurangi k’stressan..(mudah2an)..

    nuhun pisan..
    mekka_fm04_apt08/09
    catechue_sue@yahoo.com

    • Stress bisa jadi penghambat kompre, makanya tipsnya adalah, ketika kompre sering2 datang ke kampus tanyain ke temen2 mekka yang udah kompre info2nya sesuai dengan pengujinya, sekarang dah canggih pasang voice recorder mp3/mp4 di temen mekka, analisis arah pertanyaannya kemana, dan yang paling penting tetep berdoa, good luck!!!

  9. Pak Arul, aku APT br dr PTN jKT mau urus SP kE JAWA Barat Di persyaratan kan ada sertifikat kompetensi dr ISFI. NAH… sertifikat aku lg di urusin scra kolektif sm kampus.. itu bs nyusul ga ya.. persyaratan yg lain udh lgkp kcuali sertifikat itu… mana jadinya 2 bulan lagi…… masa musti nunggu siyyyy…mohon infonya yah..

    • mmmm, memang sekarang ISFI lagi gencar2nya sertifikasi, sebetulnya untuk buat SP kan masih berhubungan dengan dinas propinsi setempat, selama dinas tersebut ga minta ya ga masalah (sebetulnya sertifikat kompetensi penting untuk mendapatkan rekomendasi ISFI untuk mendapatkan SIA), kalaupun minta… ya minta aja surat keterangan sementara bahwa sertifikatnya belum jadi dari ISFI setempat,
      selamet mencoba…

      • Salam kenal Kang Airul.
        Kang Airul, Saya mau tanya. Apakah ada peraturan yang menyebutkan gaji standar Apoteker penanggung jawab yang dipakai namanya di apotek, PBF/ industri dan sekaligus kerja full time di t4 tersebut?
        Mohon informasinya. Terima kasih

  10. Pak Arul,,, saya sebetulnya asisten apoteker tapi saya dipercaya atasan untuk mengurus perijinan membuat PBF (lokasi saya di Balikpapan-Kaltim). Ada beberapa pertanyaan yg ingin diajukan ya.. :
    1. Apakah SP apoteker itu wajib? krn PBF yg mau dibangun ini hanya mendistribusikan obat bebas saja, sedangkan info dr priciple cukup SIK nya saja…???
    2. Mengingat lokasi kita di Balikpapan, qra2 berapa biaya yg dibutuhkan oleh sang apoteker u/ mengurusnya (mulai dari DKK Balikpapan s/d selesai?
    3. Berapa standar gaji Apoteker Penanggung Jawab PBF (mengingat biaya & perjuangan beliau u/ mnjd apt)??
    Terima kasih atas kesempatannya..
    saya tunggu penjelasan dari Pa Arul

    • Sebelum menjawab pertanyaan dari sdr jul, sebaiknya kita sama sama melihat peraturan terbaru tentang pendirian PBF dapat di klik disini
      1. Dalam Bab III Pasal 5 tertulis jelas bahwa PBF wajib Memiliki Asisten Apoteker atau Apoteker Penanggung Jawab yang bekerja penuh, kata atau menandakan penanggung jawab PBF bisa oleh Asisten maupun oleh Apoteker, artinya klo sama apoteker berarti SP apoteker yang digunakan, dan klo Asisten berarti SIK asisten yang diperlukan, nah kapan PBF penanggung jawabnya harus apoteker, setau saya ketika PBF yang bersangkutan adalah PBF bahan baku obat keras dan PBF yang menyediakan Narkotika dan Psikotropika, untuk PBF obat bebas bisa oleh asisten apotker ataupun apoteker.
      2. Dalam Bab II Pasal 4 sebetulnya tertulis (4)Untuk memperoleh Izin Usaha Besar Farmasi tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun. kenapa harus sama apoteker kan PBF obat bebas, coba saja dengan SIK sodara, dan tunjukan peraturan permenkes terbaru ini kalo2 dinas setempat tidak mengetahui, pembuatan SP Apoteker sebetulnya dan seharusnya gratis, tinggal menghitung ongkos sj dari balikpapan ke jkt, mungkin sdr fahri bisa membantu jadi tidak usah datang ke jakarta,
      3. Standar gaji apoteker untuk PBF berbeda tiap daerah, biasanya lebih tinggi dari standar gaji di apotek (untuk wilayah bandung antara 1-2.5jt tergantung jumlah kedatangan/ walau sebetulnya diwajibkan full alias tiap hari datang)
      Mudah2an jawaban sy tidak puas, sehingga bisa lebih mencari lagi sebagai pembanding… sukses jul

  11. sebelumnya terima kasih atas jawabannya pa arul.. mungkin saya ada yg terlupa info, bahwa per bln juni 2009 ada permenkes terbaru tentang PBF bahwa penanggung jawab PBF adl apoteker. jadi saya masih ingin mempertegas, SP apoteker adl wajib ada, meskipun hanya distribusikan obat2 OTC. begitu ya pa?

  12. kang arul

    kang aq pengen tanya tentang surat lolos butuh ituloh. misalnya apt lulusan univ. jaksel trus mau kerja dibekasi kan perlu surat lolos butuh tuh. nah proses/ alur pembuatannya itu ke mana aja, trus persyaratan yang harus dilampirkan apa aja? trims

    • lolos butuh sama bukti lapor beda ya…. memang kalo beda propinsi dibutuhkan yang namanya surat lolos butuh yang dikeluarkan oleh dinkes propinsi (DKI Jakarta), persayaratannya standar seperti bukti lapor, saran saya, cari nomer telp dinkes prop DKI bagian perizinan, tanya aja coz setiap propinsi biasanya beda2 persyaratannya, harusnya mah seragam ya he33
      sukses ya…

  13. kang arul mohon informasinya dulu kan sy penanggung jwb apotik kemudian apotiknya tutup sudah lama. dan sekarang ada yang menawarkan sebagai penanggung jawab pbf. sy mo nanya nti pada saat izin pbf ditanyakan ga surat apotik sudah tutupnya? surat ditutupnya harus diurus ya? boleh ga kl ga diurus? soalnya apotiknya jauh sekali dari tempat tinggal saya?
    sekarang izin pbf sudah bisa pakai SP kan ga harus PBF?

    • Maaf ya telat balesnya…. ok berdasarkan pengalaman temenku tahun 2006 (soalnya sy belum pernah), untuk izin PBF rekomendasi ISFI tidak diperlukan artinya di SP kan ada 2 lembar tuh, lembar kedua kan tertulis dimana SP itu diperuntukan biasanya ISFI nanyain tuh, nah selama dinkes setempat tidak menanyakan dan memang kejadiannya seperti itu, so sebetulnya (karena alesan jauh sekali alias ribet lg ngurusnya) tidak diurus penutupan jg gpp, kecuali apotek sebelumnya ada narkotiknya nah musti diurus tuh laporan pertanggungjawaban narkotiknya, kalo disalah gunakan izin apotek itu kan yang repot kita, makanya sebaiknya kalo bisa urus dulu minimal buat perjanjian dengan PSA bahwa lana sudah tidak bekerja lagi di apotek tersebut atau membuat surat pengunduran diri yang ditanda tangani PSAnya, sukses ya

  14. Rul…eh..Pak Arul:)
    Ini Dee2 Fm 00, lagi lieur antara bikin SP dulu ato Lolos butuh dulu dan bagaimana caranya???…iseng2 searching internet tnyt ada jawabannya diblog temen sendiri..bagus bgt deh isi2nya bnyk info2 ttg kefarmasian jd bisa meminimalisisir kesimpangsiuran informasi..

    Oh iya, sblmnya d2 m ngucapin Selamat Idul Fitri 1430 H, mohon maaf lahir & batih..

    Nah, skrg D2 m nanya nih pak :
    1. D2 skrg tinggal di surabaya, alhmd stlh sekian lama ada jg yg nawarin Apotek,tp yg punya lgs nanyain d2 udh pny SP ato blm, mangkaning d2 baru bikin bukti lapor di dinkes Jabar. Pas m lgs bikin lolos butuh k Jawa Timur tnyt kata dinkes Jabar selain bukti lapor & surat permohonan,harus ada surat rekomendasi dari tempat yg akan mempekerjakan kita di Jawa Timur…Kalo udh dpt lolos butuh dr Jawa Barat, trus nanti d2 langsung aja lapor ke dinkes Jawa Timur gt ya?

    2. Persoal lainnya sama ky Ana di atas,yg pny apotek blm pny Nama & lokasi yg fix u/ apotek yg mau dia bikin..Tapi dia keukeuh, bisa koq bikin SP tanpa penempatan..pas baca blog ini tnyt drpd 2 kali bolak balik k depkes mending fix-in nama & lokasi dulu ya pas mau bikin SP?..

    3. Di syarat2 pembuatan SP kan ada kartu kuning, berarti d2 bikin di surabaya?tp ktp d2 masih cimahi euy…apa lebih baik bikin KTP surabaya dulu?:)

    4. Kalo Fakhri Amrullah, S.Farm,Apt masih bisa membantu proses pembuatan SP?alamat & no telpnya ga berubah kan?

    D2 juga dah baca semua posting nasrul di blog ini,sekalian nanya disini boleh ya:) :
    1. Di contoh perjanjian APA&PSA ada beberapa Peratutan Pemerintah & KepMenkes yg perasaan D2 belum pernah baca isinya (perasaan d2 aja loh,da pas pelajaran UUD farmasi g tll nyimak:)), kalo bisa bisa tolong postingin dong UU terupdate yg penting2nya yg b’hub m perapotekan,ok:)..Biar kita bisa download, jd ada pegangan:)
    2. kalo bisa juga posting-in dokumen2 standar yg ada di apotek, misalnya draft laporan narkotik & psikotropik, draft copy resep, dll…soalnya yg belum pernah terjun ngelola apotek(walopun pernah KP di apotek:)) masih rada2 blank euy:)

    Wah,meni banyak gening komen&pertanyaan teh,punten kalo ada kata2 yg salah…Sekali lagi makasih ma posting2 yg bagus ini…Tetap Semangat!!!

    • alo dee2, koq jd ajang reunian gini ya di blog arul he33, mmmm pertanyaannya banyak juga ya… mudah2an arul bs jawab sesuai pengalaman arul+teman2 arul lainnya, yang mana dulu ya yg harus dijawab he33
      1. langkah pertama yang wajib dilakuin mang lolos butuh dee… untuk dapat lolos butuh (klo ga salah ya de…he33, tolong koreksi yg udah bwt lolos butuh) adanya surat rekomendasi dari tempat yang memperkerjakannya+surat permohonan lolos butuh mirip kaya surat permohonan SP, nah sebetulnya surat rekomendasi itu sama aja kaya surat pernyataan dari PSA yang membutuhkan APAnya de2 contohnya ada di lampiran permohonan SP yg udah de2 download, sebetulnya maksud buat lolos butuh itu hanya pemindahan prosedural administrasi, jadi dinas propinsi yang mengajukan SP ke Depkes itu dari dinas propinsi tempat apotek APA berada, jadi betul skali de2 abis buat lolos butuh lapor deh ke dinkes propinsi jatim, nah dinkes propinsi jatim inilah yang berhak ngeluarin surat pengantar permohonan SP de2 ke Depkes… gitu de2

      2. permasalahannya… de2 belum bisa buat permohonan SP kalo belum dilengkapi lampiran2nya, termasuk nama apotek dan alamat apotek, untuk masalah ini, arul dulu juga sempet buat SP dengan nama apotek dan alamat apotek dimana sebtulnya apoteknya belum dibangun, sebetulnya asal ada aja de2 toh klo nanti sudah jadi SPnya bisa direvisi lembar keduanya dan itu juga bisa di robah cukup di dinkes propinsi jatim ga usah ke depkes

      3. Setau sy de2, kalo di jabar, ISFI ngasih rekomendasi klo memang tinggalnya alias KTPnya didekat daerah apoteknya minimal 1 kabupaten, nah sepertinya di jatim jg seperti itu… so kenapa ga buat KTP aja de2… nah sy belum tahu tuh bisa ga pake kartu kuning KTP cimahi di Jatim, sebetulnya klo dinkes prop jatimnya ga periksa ga masalah jg seh :) toh ujung2nya hanya ngasih pengantar aja yang ngasih SPnya kan dari DEPKES

      4. Fahri angkatan 2002, nomernya tetep klo perlu nti arul kenalin+telponin

      pertanyaan lainnya
      1. ada klik aja di sini, ada tambahan peraturan terbaru tentang pekerjaan kefarmasian baru disahkan september 2009 ini bisa di klik disini
      2. wah usul yang bagus… mungkin nanti postingan selanjutnya arul coba bahas

      mudah2an jawabannya ga puas ya… klo memang ada yang mo bantu silahkan lanjutkan sj di koment selanjutnya… sukses deeee

  15. Thx rul..jawabannya memuaskan sekali..sekarang mah yg harus d2 lakukan bikin ktp surabaya dulu kali yaaa..:)..da kmrn2 mah masih nyantai baru lapor ma RT doang:)
    Peraturan terbaru yg dikeluarin ISFI kapan berlakunya ya?tampaknya kalo d2 baca sekilas,ntar2nya apoteker teh terregistrasi oleh menteri, ada istilah2 baru STRA&STRTTK…wuih..mdh2n ga bikin tambah ribet bikin SP niy…
    Ok,rul, kl ada perkembangan2 lagi tlg update diblog ini ya..sukses juga buat arul…

  16. Sama2 de2
    pengen sekali neh dipostingan selanjutnya ngabahas PP 51 tentang Pekerjaan Kefarmasian, tp skrg2 masih sibuk neh sekalian mo minta doa juga neh mudah2an sidang S2 sy lancar, amiiin

  17. kang arul,
    ada yang ingin saya tanyakan perihal surat lolos butuh. Saya sudah buat surat bukti lapor diri di dinkes prov dki jkt setelah lulus apt. Saya kerja di tangerang, jadi butuh surat lolos butuh ke dinkes prov banten. Yang jadi pertanyaan saya, bolehkah saya pindah kerja di provinsi dki jakarta lagi. Saat ini saya belum urus SP dari prov banten. Waktu minta surat lolos butuh, memang ada surat tidak akan membatalkan surat lolos butuh. Bagaimana sebaiknya ya? Saya ingin pindah ke dki jakarta sebelum mengajukan SP lagi. Terima kasih atas jawabannya.

    • Setahu sy (ga tau ya klo ada perubahan peraturan di DKI), teman2 sy di wilayah DKI (tahun 2005) belum bisa langsung pegang apotek di DKI berkaitan dengan aturan di DKI, apoteker yang boleh menjadi apa telah melakukan MBA (masa bakti apoteker) minimal 3 tahun di suatu tempat yang dapat melakukan pekerjaan profesi (tidak harus slalu di apotek).

      Saran saya sebaiknya tanyakan dulu ke dinkes prov DKI apakah betul masih berlaku peraturan di atas, klo masih berlaku sebaiknya pegang dulu apotek di banten, teman2 sy juga banyak yg pegang di luar DKI dulu, kalo sudah tidak berlaku langsung sj buat SP tanpa harus buat lolos butuh

  18. Salam kenal ^^
    Sy apoteker lulusan jakarta 2009, saat ini berniat membuka apotek di Lampung.
    Yg ingin saya tanyakan , dmanakah sy harus mengurus SP, jakarta atau lampung? Lapor diri sudah sy lakukan di Jakarta.
    Terimakasih.

  19. Maaf, 1 lagi pertanyaan saya, haruskan FC surat sumpah dilegalisir? bagaimana cara dapat surat rekomendasi ISFI?
    Terimakasih sebelum nya ^^

  20. saya apoteker fresh grad. dr unair sby, Saat ini saya diterima kerja menjadi apoteker penanggung jawab di salah satu PBF, tetapi saya bercita-cita ingin mendirikan apotek, dan orang tua saya sudah siap menyediakan modal untuk saya. apa yang harus saya lakukan? di PBF SP saya digunakan, sehingga saya tidak bisa menjadi APA di apotek saya sendiri, untuk menggaji apoteker lain apakah saya sanggup, sementara apotek saya ini masih baru, jika apotek ini ditunda pendiriannya, sayang sekali karena sudah 1/4 jalan, lagipula aktualisasi diri seorang apoteker memang seharusnya di apotek, mohon sarannya ya

  21. pak, ini dini, temennya mersa, hehe.

    pak, saya ada yang ngajakin bikin distributor obat,PBF kali ya. kalo mau bikin PBF gimana c? bikin Surat Ijin Kerjanya? SP sama SIK sama? kalo bikin SP itu mesti ada tempat kerjanya dulu ya? apoteknya misalnya.

    nuhun pak kana bantosanana.

  22. salam kenal pak arul,cerita dikit y:
    aku lulusan apoteker 2008, lulusan dari solo tp aslinya dr malang JATIM,nah kmrn pas mo balik ke malang da ngurusin lolos butuh soale mikirku mo kerja dl di malang 1 ato 2 thn,tp pertengahan 2009 aku ikut suami ke jakarta tepatnya jakarta selatan, nah gmn ni pak cara ngurus SPnya, kmrn dr dinkes surabaya cmn di kasih surat ket. mutasi, mohon infonya y pak,makasih sblmnya

  23. mohon dibantu…
    saya blm punya sp. dan hal itu menjadi rintangan bila ada loker di apotek, selalu yang diutamakan yang sudah punya sp. sekarang saya bekerja di SMK Farmasi sebagai pengajar, pertanyaan nya apakah bisa membuat sp dengan sarana pendidikan? kalau bisa syaratnya apa? thanks

    • Bisa sekali… syaratnya sama aja, bedanya pengajuan waktu di dinkes propinsi untuk pendidikan… cuman kelemahannya klo nti kerja di apotek tetep saja SPnya harus direvisi terutama dilembar keduanya… tp klo ketua ISFInya ga mempermalahkan gpp jg seh :)

  24. mohon dibantu,,,
    saya baru lulus 2009 kmaren, ada PSA yang mau buka apotek baru di banjarmasin, tapi saya belum punya SP, bisa dibantukah agar pengurusan SP saya bisa cepat keluar tanpa menunggu sampai 1 bulan?
    kendala lainnya saya belum pernah magang, apa itu juga sudah jadi ketentuan mutlak disemua daerah? mohon bantuan jalan keluarnya.

  25. Mas Arul…saya mau tanya, kalau mau ganti apoteker yang bertugas di apotik gimana yah caranya? Lalu ada biaya ga? Saya di jakarta selatan, karena apoteker saya ini jarang datang, hanya sebulan sekali saja untuk mengambil gaji, jadi rencana mau diganti saja dengan apoteker lain…mohon informasinya ya…makasih

    • Harus ada komunikasi antara apoteker lama dan baru termasuk buar perjanjian penyerahan tanggung jawab, biaya biasanya dalam pengurusan SIA baru… tp selama penanggung jawab sudah beralih sudah aman berjalan seh apoteknya :)

  26. mau nanya…
    sy kan apt pendamping pd salah satu apotek, nah waktu mau ngajukan rekomendasi SP didinkes setempat. mereka ga mau trma cz yg saya lampirkan hnya SURAT PERNYATAAN PSA az…
    gimana tuch???

  27. kang arul…
    mau nanya nich???
    saya apt pendamping disebuah apotek.
    lolos butuh sy kan sudah jadi,nah tinggal ngurus SPy az…
    apakh untuk urus SP diharuskan melampirkan surat perjanjian dr notaris????pdhal sy cuma seorg aping,soaly wktu sy mengajukan berkas sy kedinkes prop,mrka menolak.
    gimana donk?????

    • Menurut saya perjanjian dari notaris itu penting buat pegangan kita loh walaupun jd seorang aping, terutama masalah perjanjian gaji dan kontrak lainnya, nah loh bagaimana klo psa nya semena mena, jadi sebetulnya dinkes ada benernya juga :)
      maaf klo kurang puas, yang lain silahkan berikan masukan??
      trims

      nb: perjanjian notaris biar PSA yg bayar aja :)

  28. Salam kenal Kang Arul,

    Saya mau tanya.
    Saya sudah memiliki SP untuk penempatan di Apotek di Karawang (Jawa Barat).
    Apakah SP tersebut masih bisa digunakan untuk pengurusan SIK.
    Saya saat ini bekerja di Industri Jamu di Semarang dan ingin mengurus SIK untuk dipakai di Industri Jamu tsb, salah satu syarat pengurusan SIK adalah memiliki SP Apoteker.
    Mohon infonya bagaimana cara pengurusan SIK bila sudah memiliki SP tapi lain propinsi?

    • SP itu bisa digunakan, nah kan di sp ntuh ada 2 lembar, lembar keduanya tuh pasti tertulis penempatan apotek di karawang, selama di semarang tidak mempermasalahkan penempatan di lembar kedua oke2 aja, tp sebaiknya urus dulu supaya lembar keduanya penempatan utk industri jamu di semarang, tujuannya sebenarnya untuk pendataan supaya sesuai aturan perundang-undangan mirip kaya balik nama STNK mobil/motor setiap perpindahan wilayah harus diurus…
      smoga membantu

  29. Kang, mau tanya…klo SP kita dipakai(sbg apoteker penanggung jawab) di perusahaan dimana kita juga bekerja sbg apoteker(mis bag QA), kita dapat tunjangan profesi gak (di luar gaji sbg apoteker QA)?klo iya berapa besarnya standar untuk daerah jabodetabek

  30. askum,,
    kang arul punten bade tumaros pami syarat2 kanggo memperpanjang SIK apa aja?
    Klo mau diganti ma SIPA dr SIK gmn syarat2 dan tatacaranya?
    diantos infona..
    haturnuhun

  31. kang, bade tumaros deui..
    saya lulusan UI, ngurus lolos butuh dlu pas lulus krn kerja d jawa barat..skrg udah pnya SP dan udah kerja 2 thn di jawabarat
    nah skrg mu pindah ke banjarmasin..apa perlu ngurus lolos butuh lagi?
    terimakasih

  32. met mlm pak’arul
    pak, sya AA lu2san 2004, dlu sya krja di century healtcare dng gaji kurang lebih 1,5jt.
    skrng sya lg kuliah, tp ditawarin jd penanggung jawab PBF tp tekab, kira2 standar gaji tekab AA PJ PBF brp ya d Bdng, 1,5 ada ga kira2?? biar sya bs kompromi pas tndatngan kontrak dng prusahaannya hehehe….
    mksh pak ^_^

      • saran saya c klo pbf jangan d tekab dan jangan mudah tergiur klo ditawari gaji besar tetapi tekab itu berarti ada sesuatu yang di tutup-tutupi nanti bukan untung malah buntung salam IAI hehehe

  33. Halo Kang Arul, mau tanya nih, kalo misalnya kita ngurus Sp untuk rumah sakit, trus baru jadi 6 bulanan mau pindah ke apotek, bisa gak ya? ato harus ngurus SP dari awal lagi (soalnya kan lum jadi SIK) kumaha kang?
    nuhun pisan ^_^
    Aku Apt Unpad Juga ni thn 2003 hehehehe

    • SP ntuh berlaku nasional… tinggal rubah2 di SKnya sj… dan ntuh ga perlu ke DEPKES cukup di dinkes propinsi… syaratnya lampirin keterangan dari PSA

  34. Malem mas,
    Saya mau tanya neh. saya skr kn jadi APA di apotek diluar Jawa. untuk kontrak awal saya minta 1 tahun dulu karena tdk tahu prospeknya bagaimana. JIka kontrak saya nanti habis trus saya pengen balik ke jawa apa aja yang perlu diurus lagi. KEbetulan masih mau urus SP tapi rencana akan pake KTP sini kebetulan kn klo SP harus pke KTP setempat utk urus, apakah tidak menjadi masalah? trima kasih.

  35. mas mau tanya. saya dulu bikin SP dijawabarat tp tdk jadi kerja disana alias tdk sampe bikin SIA. Nah sy pindah ke jawatengah..sya mengajukan SIA ke dinkes kab… sy disarankan lgsg saja melengkpi persrtn (lols bth dlL) tanpa merubh SK penemptn sy krn ms bkti tdk ada lg… nah sy skrg akn pndah ke kota lain trnyta dinkes trsbt menanyakn SK utk drbh dg nama apt yg bru… pdhal dikab lain ada yg lgsg bisa urus SIA tanpa hrs ubah SK. M0HON jawaban via email. thx

    • nah beginilah indonesia ya… karena otonomi jadi ga seragam deh peraturannya… yang bener ntuh SKnya harus dirubah dulu dan buat lolos butuh supaya databasenya bener…. tp kayaknya sistem database di indonesia belum bener he33

  36. kang arul mau tanya nih …. aq apotkr baru lulusan 2010 sy sdh PNS, klu bwt ngurus SP ada persyaratan SKCK sama kartu kuning, kalu aq masih perlu pk SKCK sm kartu kuning gak ya ??? surat-surat yg lain sdh komplit bwt ijin apotek tinggal tunggu SP …

  37. ass, salam kenal..
    saya apoteker baru di kaltim.. Lagi mencari SP..
    Ada tawaran menjadi Apoteker Pendamping..
    Apakah Aping dapat memperoleh SP, seperti APA?
    Apakah surat kerjasama Aping- PSA depan Notaris, menjadi salah satu syarat pemberian SP untuk aping?
    Terimakasih..

  38. Pak Arul..saya kan baru aja lulus apoteker.yang mau saya tanyakan kalau mau buat SP untuk jadi APA di kota lain kan harus pakai KTP sesuai lokasi apotek. nah ini apa aku kudu pindah KK segala biar dapat KTP sesuai apotek..??aku bingung soalnya…
    terus untuk apoteker pendamping apa SP sama dengan SP APA..??
    kalau beda misal mau jadi aping dulu terus buat SP terus lain kali jadi APA harus buat SP baru gitu..??
    Makasi pak :D

  39. Mas.. tanya niiich..
    saya kn apoteker lulusan surakarta jawa tengah. stelah lulus saya wiraswasta susu kedelai sehingga tidak mengurus kompetensi dan Sp segala macem.. sekarag saya tinggal di jakarta dan ingin membuat Sp.. ijinnya bisa di dinkes propinsi jakarta ga mas?? atau saya harus k dinkes semarang??

  40. mas, saya APT yg sdg brtugas di aceh, saya sdg mengurus SP, emua persyaratan dah saya krmkan melalui dinkes propinsi aceh, klo ingin tau ttg prosesnya dijakarta, ada nggak mas link yg bisa saya hubungi? trims..

  41. Mas,, mau tanya..saya baru lulus agustus tahun ini..dan sedang mengurus SP.katanya untuk jawa tengah, syarat pembuatan sp masih perlu sertifikat kompetensi selain yg sudah didapat dari universitas…
    OSKA atw apa saya lupa…
    tahu g??
    thx

  42. ass,kang arul mau nambahin sedikit tadi sekilas baca klo rubah sk penempatan masih di satu provinsi itu ga usah ke depkes tp klo beda propinsi harus ke depkes kan itu kabar terbaru yg saya dapet

  43. kang arul ada masukkan niyh banyak yang nanya persyaratan lolos butuh,mudah-mudahan kang arul berkenan membantunya y,hatur nuhun

  44. sore, mo tanya mas…..
    sy tamatan UGM dan sdh ada SP dari dinkes makassar (kebetulan pindah ke makassar)dan ada SP yg dikeluarkan ole dinkes makassar tuk saya,pertanyaannya : apa SP yg dikeluarkan oleh dinkes makassar tersebut berlaku nasional??? maksudnya bs dipergunakan di seluruh propinsi di indonesia atau sy harus urus SP nasional yg ke jakarta? tengkyu sebelumnya.

  45. mas arul mau tanya..
    saya kan apoteker baru.. lulusan jakarta..
    saya sekarang mau bekerja di palembang di tanah kelahiran saya..
    yang menjadi pertanyaan saya..
    1. untuk persyaratan bukti lapor apakah membutuhkan SKP?
    dan apakah dalam proses pembuatan dan pengisian form bukti lapor harus orangnya yang datang langsung ke dinkes DKI atau bisa dititipkan?

    2. untuk pembuatan surat lolos butuh persyaratannya apa saja? dan di buat di dinkes mana? apakah di dinkes tempat kita lulus kuliah, atau didinkesditempat kita akan kerja?

    Terimakasih,
    oia mas tolong infonya.. jika ada teman yang bisa membantu dalam proses pengurusan di dinkes DKI

  46. salam kenal bang arul…
    walaupun saya bukan anak unpad, boleh gak yah tanya juga?
    bgini…bang arul tau gak kenapa pembuatan SP/SIK/SIA untuk apoteker dmasing2 provinsi beda2?
    kenapa atuh gak djadiken 1 aja, laen universitas dan laen tempat kerja, kenapa perizinannya jadi laen, kenapa gak dbuat 1 pintu aja, jadi dari sabang-merauke dbuat sama SOPnya

  47. salam kenal pak arul. Sy mau nanya neh,, sy dah ada surt lo2s bth tp tujuanya k propinsi sulawesi. Sndgkan sy skg jd apotker d papua. Pertanyaan, apakh sy hrus buat surt lo2s bth yg baru d bandung (t4 asal pndikkan sy) ntuk buat SP?

  48. kang arul naya’ nih…apa surat keterangan PSA untuk syarat membuat SP harus disertakan apabila PSAnya adalah apotekernya sendiri? dan apa harus didepan notaris ,.makasih..

  49. Kang Arul dan Kang Fakhri, saya Anita, Unpad 2003. Apa masih bisa dibantu untuk mengurusan SP? No HP yg diatas sudah diganti ya? Terima kasih..

  50. ka arul boleh ikutan diskusi yah.sy apt lulusan 2006,sy skrg kerja d pbf.sy msh bingung dg sp,sik,sipa,sia.no sik dan sp beda atau tdk ya?lalu kalo perpanjangan sia,nomor sianya berubah ga yah?kl sik jg ada masa berlakunya ga?kl ada,apa jg akan berubah.sebenarnya yg tercantum di sia no sp atau no sipa yah.krn sy py data outlet di sianya,yg tercantum ada yg no sipa ada yg no sik

  51. Pak Arul Yth.

    Salam kenal.
    Saya lulus apoteker tahun 1999, langsung membuat SP untuk menjadi APA Apotek di Indramayu. Saya menjadi APA di apotek tersebut selama lebih dari 3 tahun. Kemudian saya kerja di Industri A lebi dari 5 Tahun.
    Permasalahannya SP saya hilang dan hanya ada SIA pertama kali saya bekerja.
    Bagaimana mengurus SP kembali? dan Apakah bisa langsung ubah jadi SIK?

    Terima Kasih.

  52. Assalammu’alaikum..
    Salam kenal Pak Arul, saya Mary lulusan apoteker Bandung tahun 2008.trus saya kerja di industri farmasi di semarang, sekarang sudah 2 tahun ,nantinya saya akan kerja di apotik (beda kota tp masih di jawa tengah). Saya belum punya SP, sekarang mau bikin SP karena apotik selalu nyari apoteker yg sudah punya SP.
    1. Baiknya saya bikin SP di industri farmasi (karena posisi saya masih kerja di industri) atau bikin SP di apotik ‘fiktif’ aja?
    2. MBA boleh diakumulasi ga?misal di industri farmasi 2 tahun kemudian apotik 1 tahun.

    makasih ya Pak atas infonya.
    Wassalammu’alaikum

  53. Hi Pak Arul, saya mau tanya perlu rekomendasi ISFI gak untuk buat SP? atau rekomendasi ISFI hanya untuk buat SIA? kalo sudah dapat rekomendasi/pengantar dari dinkes propinsi saya bisa langsung ke Depkes RI untuk buat SP tanpa perlu ke ISFi dulu. thx a lot.

  54. permisi numpang tanya…saya apoteker yg lagi resah..saya lulus tahun 2005 dan baru dapat tempat urus SP saat ini. Namun dengan berlakunya STRA saya mentok…gak bisa urus SP lagi dan gak bisa urus STRA dikarenakan tidak punya SP, kata orang depkes suruh ujian kompetensi aja..tapi IAI jakarta sedang tidak buat ujian…gimana donk..mohon bantuannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s